Semantic Search Engine, Hakia.com

Semantic Search adalah cara revolusioner mengambil hasil pencarian di Internet. Tidak hanya memberikan hasil berdasarkan peringkat populer halaman situs, konsep ini berfokus pada produksi hasil berdasarkan semantic. Semantic adalah ilmu bahasa dan sambungan atau makna kata. Dengan demikian ketika kata atau kalimat dimasukkan dalam search engine, semantic search mechanisms menampilkan hasil yang paling relevan sesuai dengan maksud/makna kata atau kalimat tersebut.

Bagaimana semantic search bekerja ?

Pada dasarnya seluruh informasi yang dikumpulkan melalui pencarian semantic disimpan dalam jaringan semantic. Seperti halnya jaringan lainnya, dalam jaringan semantic memiliki node khusus yang dikenal sebagai synsets. Setiap node terdiri sinonim. Node ini terdiri dari kata tunggal, kata majemuk atau bahkan kelompok kata.


Semantic Search Engine sangat berbeda dari search engine biasa yang menggunakan page rangking sebagai kriteria untuk menampilkan hasil. Semantic search engine menggunakan interface yang unik untuk membantu menyelidiki data yang ada dan memperkerjakan semantic search mechanism untuk menghasilkan hasil pencarian. Salah satu perusahaan yang populer telah menggunakan semantic search engine adalah Hakia.com.

Cara kerjanya adalah bahwa ketika pengguna mengetik dalam frase atau kata kunci, semantic search mechanism memulai pencarian. Pertama, memeriksa untuk melihat apakah kata atau frase itu memiliki ambiguitas dalam maknanya. misalnya kata seperti bark dapat berarti salak (gonggongan) anjing atau kulit kayu. jika ada ambiguitas maka kata lain dalam kaliamt akan dianalisis untuk mendapatkan pengertian yang paling akurat.


Hakia menggunakan semantic search mechanism yang berarti bahwa search engine
benar-benar memahami kalimat bukan hanya memfokuskan pada popularitas halaman. Hakia menganalisis kalimat pengguna untuk menyediakan hasil yang paling relevan.

Hakia memiliki 2 macam teknologi utama:

  • QDEX infrastruktur (Query Detection and Extraction)- ini termasuk level tinggi dalam analisa query di level kalimat.
  • Semantic Rank Algorithm, ini adalah inti dari ilmu yang hakia gunakan, membuat ontological semantic yang menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya.
Coba kita masukkan permintaan :”what prevents migraine?” pada search engine antara Hakia dengan Google. Ketika melihat Hakia, kita akan mencatat bahwa Hakia mengidentifikasikan PuubMed, MayoClinic, dan Cliniticaltrials.gov sebagai sumber pilihan yang dapat dipercaya dan wikipedia sebagai user generated content. Hakia mengidentifikasi informasi yang relevan sesuai dengan permintaan. Coba dibandingkan dengan Google. Google membuat pilihan yang berbeda.

Kita lihat perbedaan yang jelas antara Hakia dengan Google. Hakia memberikan hasil pencarian dengan menerjamahkan makna permintaan, sedangkan Google memberikan hasil pencarian berdasarkan page rangking.Melihat dari struktur query (permintaan) yang berupa semacam pertanyaan. Dan dengan secara jelas Hakia memberikan jawaban yang baik dalam hasilnya. Ini mengingatkan saya akan Ask.com. Apa perbedaan diantara kedua search engine ?

Dr. Riza C. (pendiri dan CEO Hakia) mengatakan bahwa Ask.com termasuk indexing search engine dan tidak ada semantic analisis. Ini dapat dilihat dari hasilnya, Ask.com menebalkan keywords yang berarti itu bekerja berdasarkan level keyword. Hakia mengerti maksud kalimat. Dia juga mengatakan bahwa kategori Ask.com bukan berarti arti dasar, itu hanya berupa awalan. Hakia, mengerti hubungan semantic-nya.

Riza mengatakan bahwa Hakia berpikir bahwa metode indexing dalam pencarian sudah sampai pada tahap tidak dapat berkembang lagi dan teknologi semantic akan mengambil alih pencarian generasi selanjutnya. Dia tetap tdak merubah pemikirannya, bahwa masa depan ialah mengerti informasi tidak hanya menemukan dan itu merupakan persoalan yang sangat sulit diselesaikan tetapi itulah misi Hakia.


Source :

http://www.bulentongun.com/what-is-semantic-search-hakia-vs-google/
http://www.readwriteweb.com/archives/hakia_takes_on_google_semantic_search.php


0 komentar:

Posting Komentar